Islam Melindungi Binatang

Menolong setiap makhluk hidup ada pahalanya. (HR Bukhari dan Muslim)

There is a reward for serving any animate

     Sobat Muslim, Rasulullah saw pernah bercerita kepada para sahabatnya. Bahwa suatu saat seorang laki-laki (dalam riwayat lainnya dikatakan bahwa orang itu adalah seorang wanita pelacur) melakukan suatu perjalanan. Di tengah perjalanannya itu ia kehausan, sedangkan persediaan air yang dibawanya sudah habis. Ia pun mencari sumber air ke sana kemari, hingga ditemukanlah sebuah sumur yang masih ada airnya. Ia pun turun ke dalamnya dan meminum airnya. Kemudian saat ia keluar, tiba-tiba ada seekor anjing yang menjilat-jilat tanah karena kehausan. Orang itu lantas berkata, “Anjing ini benar-benar kehausan seperti yang kualami tadi.” Ia pun merasa kasihan. Kemudian, ia turun lagi ke dalam sumur untuk mengambil air. Setelah mengisi sepatunya dengan air, ia naik ke atas sambil menggigit sepatunya itu. Ia kemudian memberi minum anjing yang hampir mati karena kehausan itu. Karena kasih sayang orang ini terhadap binatang, Allah mengampuni dosa-dosanya dan akan memasukkan ke dalam surga.

Mendengar cerita yang mengagumkan tersebut, para sahabat Nabi bertanya, “Ya Rasulullah, kalau begitu menolong binatang pun akan mendapat pahala? Beliau menjawab, “Ya, menolong setiap makhluk hidup ada pahalanya.

Sobat Muslim, dari hadits ini kita mendapat pelajaran bahwa Allah sangat menghargai perbuatan baik sekalipun dilakukan terhadap binatang. Allah  membalasnya dengan pengampunan dosa dan jaminan masuk surga. Nah, jika berbuat baik kepada binatang saja mendatangkan balasan yang demikian besarnya, apalagi  jika kita lakukan terhadap sesama manusia. Pahalanya tentu lebih besar lagi bukan? Karena itu, marilah kita berlomba-lomba untuk membantu orang yang sedang berada dalam kesusahan tanpa memedulikan apa pun agamanya.

::Dikutip dari buku Hadits for Teenagers, Makin Gaul dengan Hadits (HF Rahadian) ::

Published in: on April 2, 2008 at 1:09 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://yamboo.wordpress.com/2008/04/02/anjuran-berbuat-baik-pada-hewan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: