Chat-ku dengan Ustadzku

Tanpa sengaja, saya ketemu dengan salah seorang ustadzku. Beliau adalah pembimbingku, guruku, dan sahabat bagi temen2ku waktu masih sekolah di MAK Tarbiyatut Tholabah Kranji dulu. Seorang guru yang berpendirian kuat, tegas, tak mau kompromi, pintar, dan menguasai materi.

Bahasa Arab adalah pelajaran yang beliau pegang. Untuk memaksimalkan bimbingan bahasa Arab, beliau tinggal bersama kami di asrama. Berbagai program pengembangan bahasa Arab beliau adakan bagi anak didiknya. Mulai dari tutorial Bahasa Arab di siang hari, wajib berbahasa di asrama, penambahan mufrodat (kosakata), latihan pidato seminggu sekali, dan lain-lain.

Berikut ini, chat saya dengan beliau:

assalamualaikum….
dos pundi kabare pak>?
sudah pindah ke jombang pak?
12:33Ali
alhamdulillah, kami udah pindah ke jombang, tapi lebih tepat kalau dikatakan sudah balik ke jombang. makasih
12:33Khaled
hehehe,,,,
istilahe balik pak, ya…๐Ÿ™‚
uda gak ada jam di kranji, Pak?
12:38Ali
masih ada, hari sabtu n ahad, do’kan ya kuat mjalaninnya, karna kalau udah dak kuat ya terpaksa aku tinggal.
12:38Khaled
wah, seprtinya berat Pak. Jombang-Kranji.
iya, kalo ada KRL kayak di jkt. Bogor-Jakarta juga asyik aja.๐Ÿ™‚
12:41Ali
sebentar lagi mau dibangun krl jombang – lamongan.
12:41Khaled
benarkah?
wah, bagus tu Pak…
12:42Ali
iya kalau presidennya alumni tabah kali…
12:42Khaled
Bbrp waktu yg lalu, Gus Falah telpon saya.Minta carikan anak LIPIA yang bisa ngajar bahasa arab di Ma’had Aly.
Kalo tdak salah, semacam tutorial MAK dulu (setiap hari 1.5 jam)
12:44Khaled
Beberapa teman alumni Kranji yang saya omongi ttg itu, ngomong ke saya, “Sekarang kok nyari anak lipia. Tapi, anak2 Kranji gak boleh masuk lipia.”
12:47Ali
oh ya, gimana kalau aku aja?, biasalah orang kalau udah gak suka ya begitulah, apalagi sekarangkan banyak kyai muda tapi sayang pemikirannya masih kerdil, dipasung oleh rasa tdk suka n takut tersaingi.
12:49Khaled
apa sebabnya memang karena rasa tidak suka n takut tersaingi, Pak?
12:52Ali
mudah2an tdk, kalu kamu jadi kyai, terus melihat santrimu itu kok lebih dekat n lebih percaya dengan pembina pondok, gmn perasaanmu?
12:56Khaled
hmmm…
:-/
iya, bener…
12:57Ali
aku gak nyinderloh, cuma mengandae- andae.
12:58Khaled
tp yg jelas gak nyindir kulo kan Pak? Lha kulo mboten kiai jeee,,,, hehehe,,,
๐Ÿ™‚
12:59Ali
sekolah n kuliah kalau hanya untuk memenuhi otak dengan pengetahuan, ya kira2 begitulah hasilnya. tanpa merubah, membinah pokir yang udah kadung jahiliyah.
13:00Khaled
Ya, akan ada prosesnya, Pak…
13:00Ali
se X lagi maaf kagak nyindir.
13:00Khaled
Proses dari seorang “alim” menjadi “hakim”
13:02Ali
sekarang itu kan banyak orang yang menuntut ilimu yang ilmunya nanti bagaimana bisa dipakai orang lain, tdk berpikiran bagaiman dia mengamalkan ilmu yang dia dapat…
13:03Khaled
maksudnya, Pak?
Mohon pencerahan…
13:08Ali
masuk pondok supaya bisa jadi kyai lalu mengajarkan ilmunya pada santrinya, tdk berpikiran bagaiman n kapan dia bisa mengamalkan ilmu2 yang dia dapt dari gurunya, nan inilah letak perbedaan kyai sekarang dengan kyai2 dahulu….yang dipikirkan bukan pondoknya tapi santrinya atau dg bahasa lain tdk berpikiran bagaimana santri menghoramatinya, melainkan bagaiman asantri menghomati Allah dan Rosulnya.
13:12Khaled
jadi, maksudnya, kalo “kiai” sekarang berpikiran bagaimana santri menghormatinya, bukan bagaimana mereka menghormati Allah dan RasulNya?
tapi kan, repot juga Pak. Kalo kiai gak dihormati santrinya? Apalgi gak dihormati masyarakatnya?
13:13Ali
tepatnya oknom kyai, tapi yang jelas bukan kyai kholid.
13:13Khaled
wkwkwkwkkkk.,..
ya iyalah,,, lha, wong Khaled belum jadi kiai kok pak.
LIPIA ae gak lulus kok mau jadi kiai?๐Ÿ™‚
13:17Ali
apa kita lupa janji Allah ูŠุฑูุน ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง ู…ู†ูƒู… ูˆุงู„ุฐูŠู† ุฃูˆุชูˆุง ุงู„ุนู„ู… ุฏุฑุฌุงุช ุŸ penghoramatan itu dari Allah, secara otomatis akan dia dapat kalau selalu Allah yang dituju. makanya sekarang itu tdk sedikit santri yang berani ama kyainyan Gurunya di belakang beliau2, itu bisa dilihat kalau udah lulus, itupun tdk semuanya karena kesalahan kyai mungkin memang santrinya yang agak2 eror.

Ahad, 25 Oktober 2009

Published in: on Desember 21, 2009 at 1:32 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://yamboo.wordpress.com/2009/12/21/chat-ku-dengan-ustadzku/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: